Translate

Kamis, 12 Desember 2013

Cake Coklat Pisang a.k.a Chocolate Banana Cake

Kemarin waktu cari bahan makanan untuk sarapan Una di kulkas, kutemukan lima buah pisang mas di dalam plastik yang aku lupa sejak kapan aku simpan. Yang pasti kulitnya sudah menghitam. Tapi alhamdulillah daging pisangnya masih bagus, gak busuk. Hmmmmm.......kayaknya gak istimewa deh kalau cuma dimakan biasa. Jadi aku putuskan pisangnya akan kubuat cake.

Seperti biasa deh dimulai dengan ritual cari-cari resep dengan bantuan mbah gugel sampailah aku di blog-nya mbak Endang yang merupakan salah satu blog favoritku itu lo, dan terpana dengan penampilan chocolate banana cake-nya yang keliatan menggiurkan banget. Ternyata sumber resepnya dari Joy of Baking yang memang resep-resepnya sudah gak diragukan lagi.

Ternyata bahan-bahan yang di gunakan cukup sederhana dan ekonomis menurutku. Apalagi saat baca cara pembuatannya yang simpel banget, hanya tinggal aduk-aduk aja tanpa penggunaan mixer makin membuatku bersemangat untuk buat kue yang satu ini.

Aku hanya buat setengah resep, karena ternyata pisang yang kupunya ga cukup untuk buat satu resep. Aku juga skip penggunaan coklat ganache sebagai frostingnya, karena aku pikir di resep cake-nya sendiri sudah menggunakan coklat bubuk yang cukup banyak, takutnya nanti malah jadi eneg (ngelesss aja padahal karena males bikin hehehe......^_*)



Alhamdulillah rasanya ennnakkkkk. Ternyata pisang dan coklat klop banget kalau disatukan. Kayak yang gak percaya dengan bahan-bahan dan proses pembuatan sesimpel itu bisa menghasilkan cake yang se-enak ini. Ini adalah resep cake pisang yang menurutku top banget deh, apalagi untuk pemula. So tunggu apa lagi, silahkan di coba ya......pasti ga nyesel.



Chocolate Banana Cake
source: blog mbak Endang

Bahan-bahan:
245 gr tepung terigu serbaguna
400 gr gula pasir (aku hanya pakai 150 gr unt 1/2 resep)
75 gr coklat bubuk
2 sdt Baking powder
1/2 sdt vanilli bubuk
1/2sdt garam
2 telur ayam ukuran besar
400 gr pisang ambon/kepok/raja dilumatkan
240 ml air hangat
120 ml susu cair
120 ml mentega cair/ minyak sayur (aku pakai minyak goreng kualitas bagus)

Chocolate Ganache
200 gr Dark cooking coklat
150 ml krim kental
1 sdm/14 gr mentega

Cara pembuatannya:
1. Panaskan oven dengan suhu 170 derajat celcius. Siapkan loyang 22x22 oles margarin alas kertas roti oles margarin lagi (aku pakai loyang loaf ),sisihkan.
2. Siapkan mangkuk besar, masukkan tepung,gula,garam,coklat bubuk, vanili bubuk dan baking powder, aduk rata, sisihkan.
3. Siapkan mangkuk besar lainnya tuangkan air hangat, mentega cair, susu cair, aduk rata.
4. lalu masukkan telur,aduk sampai rata
5. Masukkan pisang lumat, aduk kembali hingga rata
6. Masukkan campuran terigu ke dalam larutan air hangat,mentega,susu,telur dan pisang.
7. Aduk dengan spatula hingga tercampur rata
8. Masukkan ke dalam loyang (aku tambahkan keju parut diatasnya), lalu panggang selama 40-45 menit hingga matang.

Cara membuat ganache
1. Siapkan wadah stainless, taruh potongan coklat di dalamnya
2. di tempat lain panaskan mentega dan krim kental hingga mentega larut
3. Begitu krim mendidih angkat lalu tuangkan ke tempat potongan coklat, aduk hingga coklat meleleh .
4. Kocok dengan mixer atau hand whisk ganache yang sudah cukup dingin sampai lembut dan mengembang.
5. Siram diatas cake sambil diratakan, biarkan sampai mengeras


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...